Tips aman berbelanja secara online

Berbelanja secara online memang memudahkan kita ketika ingin mencari suatu barang kebutuhan. Tanpa harus capek dan mengalami macet seperti ketika berbelanja secara konvensional, belanja online bisa dilakukan dari rumah cukup hanya dengan duduk di depan komputer atau menggunakan smartphone.blanja.com

Karena kemudahannya tersebut, bahkan kegiatan berbelanja secara online sangat digemari oleh masyarakat, terutama kaum muda. Sebab bisa menghemat banyak waktu karena tidak harus beranjak dari rumah atau meninggalkan pekerjaan yang ada. Membeli produk melalui online juga membuat kita bebas memilih dan membandingkan harga antara toko yang satu dengan toko lainnya. Inilah salah satu keuntungan berbelanja online yang sangat baik.

Namun dibalik kemudahannya tersebut, kita selaku penggunaan internet juga harus lebih waspada. Jika berbelanja secara konvensional kita harus waspada dengan copet atau penjahat lainnya. Di dunia internet juga tak jauh berbeda. Penjahat maya senantiasa mengintai dan mencari kelemahan kita untuk bisa memanfaatkan kesempatan. Oleh karenanya, kita harus waspada agar bisa terhindar dari kejahatan dunia maya. Apa saja yang bisa dilakukan? Berikut kami berikan tips aman berbelanja melalui internet.

Kenali situs web tempat Anda berbelanja

Cara ini bisa Anda lakukan ketika Anda akan berbelanja di situs yang belum terlalu familiar. Mungkin Anda ragu apakah situs tersebut terpercaya atau hanya situs palsu yang akan melakukan penipuan terhadap calon pembeli. Periksalah nomer telepon penjual yang tertera. Cobalah untuk menghubungi nomer tersebut. Anda juga bisa mengunjungi stus mesin pencari seperti Yahoo atau Google untuk melihat ulasan tentang situs tersebut. Jika situs tersebut memang penipu, maka akan ada beberapa korban yang mungkin menuliskan pengalamannya berbelanja di situs tersebut. Sebaliknya, jika situs tersebut memiliki reputasi yang bagus, maka akan ada testimoni dari pembeli yang telah berbelanja pada situs yang Anda incar tadi.

Pahami kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda

Ini sangat penting, jangan sampai pemilik situs memberikan informasi data pribadi Anda ke pihak lain. Pastikan kebijakan situs benar-benar merahasiakan data-data Anda agar tetap aman. Anda juga harus memahami tentang kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang kita beli tidak dapat dilihat secara fisik, maka harus ada garansi untuk setiap produk yang kita beli. Seharusnya Anda boleh mengembalikan barang yang cacat untuk kemudian mendapatkan ganti dengan produk yang masih baik.

Jangan tergoda barang murah

Ketika berbelanja secara online, memang kita mengharapkan mendapatkan harga yang murah. Tetapi patut dicurigai juga ketika menemukan harga yang di bawah normal. Harga yang terlalu murah dan tidak wajar bisa saja merupakan cara yang digunakan untuk menipu calon pembeli. Pastikan Anda hanya membeli dari situs terpercaya dan dengan harga yang normal namun tetap aman dan tidak tertipu.

Simpan bukti transaksi

Bukti transaksi belanja online juga harus Anda simpan. Jika pada suatu hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda masih memiliki bukti-bukti bahwa transaksi Anda dilakukan secara benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *